Kamis, 27 Februari 2014

Tips Memasarkan Usaha bagi Pemula

Bagi Anda pemilik usaha kecil yang belum banyak memahami marketing atau pemasaran atau mengalami kebuntuan dengan strategi markering Anda saat ini, ada beberaa tips yang perlu dilakukan, yaitu :
Ø  Lakukan Promosi Kecil. Anda harus bersikap cermat saat berpromosi karena terdapat perbedaan tipis antara mempromosikan dengan efektif dan terlalu agresif dalam mempromosikan diri. Terlalu berpusat pada diri sendiri dengan melebih-lebihkan kualitas yang dimiliki membawa damak kurang baik terhada upaya marketing Anda. Cara mempromosikan bisnis yang efektif antara lain memberikan testimoni pelanggan kepada klien potensial lain. Dorong pelanggan dan klien untuk merekomendasikan layanan Anda kepada orang lain (menawarkan intensif, seperti diskon atau hadiah langsung, bagi para perekomendasi yang berhasil meningkatkan penjualan Anda) dan mempertahankan portofolio terbaru.
Ø  Buat Kartu Nama yang Berkualitas. Jika Anda memulai bisnis, Anda memerlukan kartu nama bisnis yang akan membantu Anda lebih mudah diingat dibanding pesaing. Gunakan ide yang kreatif untuk mendesain kartu nama Anda. Satu ide yang mungkin bisa diterapkan adalah memasukkan kode QR dalam kartu nama sehingga klien potensial Anda akan lebih mudah membuka laman situs web Anda atau video yang lebih lanjut menjelaskan layanan Anda di internet. Jika usaha Anda sudah berjalan, pertimbangkan mencetak kartu nama yang baru yang lebih segar dan menarik perhatian. Pastikan agar detil kontak Anda yang penting sudah dicetak didalamnya. Pastikan juga memasukkan kontak jejaring sosial Anda seperti twitter, facebook atau you tube.
Ø  Bergabung dalam Organisasi Profesi. Salah satu cara terbaik untuk menjalin hubungan dengan klien potensial dan kalangan yang lain ialah dengan bergabung dalam organisasi yang berkaitan dengan industri yang kita tekuni. Organisasi itu bisa saja memiliki wujud atau visual seperti forum di web. Ide intinya ialah dengan bergabung dalam percakaan dan pertukaran gagasan dalam berbagai organisasi ini dan memberikan masukan positif mengenai topik-topik yang menarik dalam ceruk pasar Anda. Jika dilakukan dengan baik dan kontinu, Anda akan menyaksikan makin tingginya reputasi Anda dalam bidang industri tersebut. Dan tak mustahil Anda akan dipandang sebagai industri leader suatu saat nanti. Tak ketinggalan pula, peluang terbaik ini perlu dimanfaatkan sebai ide-ide inovatif baru.
Ø  Buat Blog Bisnis. Dengan tanpa atau sedikit biaya, Anda bisa membuat blog di situs bisnis Anda. Inilah salah satu strategi marketing paling hemat biaya yang bisa Anda terapkan. Sebuah blog yang termutakhirkan secara berkala merupakan tempat yang tepat untuk menuangkan pandangan menarik dan berguna pada khalayak ramai termasuk klien dan pelanggan atau calon pembeli. Namun, jangan sampai hanya berhenti di situ saja. Sebuah bisnis blog harus digunakan sebagai pengeras suara saat promosi. Namun, jangan sampai melakukannya dengan berlebihan karena akan membuat orang menjadi segan berkunjung kembali ke blog bisnis Anda. Pastikan Anda menyeimbangkan kualitas konten yang diterbitkan dengan konten promosi milik Anda.
Ø  Tunjukkan Kepedulian Sosial. Memberikan kembali apa yang sudah Anda dapatkan dari masyarakat dalam bentuk sumbangsih sosial merupakan cara yang tepat sekaligus mulia untuk memasarkan produk dan layanan bisnis baru Anda. Tak hanya Anda akan lebih bertanggung jawab secara sosial pada masyarakat dan lingkungan sekitar Anda, ini jiga akan memeriksa peluang baru untuk menjalin hubungan dengan kenalan baru, meningkatkan kesadaran publik akan keberadaan usaha Anda dan memperluas pengalaman secara umum dalam mengembangkan ketrampilan baru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar