Ø Lakukan Promosi Kecil.
Anda harus bersikap cermat saat berpromosi karena terdapat perbedaan
tipis antara mempromosikan dengan efektif dan terlalu agresif dalam
mempromosikan diri. Terlalu berpusat pada diri sendiri dengan
melebih-lebihkan kualitas yang dimiliki membawa damak kurang baik
terhada upaya marketing Anda. Cara mempromosikan bisnis yang efektif
antara lain memberikan testimoni pelanggan kepada klien potensial lain.
Dorong pelanggan dan klien untuk merekomendasikan layanan Anda kepada
orang lain (menawarkan intensif, seperti diskon atau hadiah langsung,
bagi para perekomendasi yang berhasil meningkatkan penjualan Anda) dan
mempertahankan portofolio terbaru.
Ø Buat Kartu Nama yang Berkualitas.
Jika Anda memulai bisnis, Anda memerlukan kartu nama bisnis yang akan
membantu Anda lebih mudah diingat dibanding pesaing. Gunakan ide yang
kreatif untuk mendesain kartu nama Anda. Satu ide yang mungkin bisa
diterapkan adalah memasukkan kode QR dalam kartu nama sehingga klien
potensial Anda akan lebih mudah membuka laman situs web Anda atau video
yang lebih lanjut menjelaskan layanan Anda di internet. Jika usaha Anda
sudah berjalan, pertimbangkan mencetak kartu nama yang baru yang lebih
segar dan menarik perhatian. Pastikan agar detil kontak Anda yang
penting sudah dicetak didalamnya. Pastikan juga memasukkan kontak
jejaring sosial Anda seperti twitter, facebook atau you tube.
Ø Bergabung dalam Organisasi Profesi.
Salah satu cara terbaik untuk menjalin hubungan dengan klien potensial
dan kalangan yang lain ialah dengan bergabung dalam organisasi yang
berkaitan dengan industri yang kita tekuni. Organisasi itu bisa saja
memiliki wujud atau visual seperti forum di web. Ide intinya ialah
dengan bergabung dalam percakaan dan pertukaran gagasan dalam berbagai
organisasi ini dan memberikan masukan positif mengenai topik-topik yang
menarik dalam ceruk pasar Anda. Jika dilakukan dengan baik dan kontinu,
Anda akan menyaksikan makin tingginya reputasi Anda dalam bidang
industri tersebut. Dan tak mustahil Anda akan dipandang sebagai industri
leader suatu saat nanti. Tak ketinggalan pula, peluang terbaik ini
perlu dimanfaatkan sebai ide-ide inovatif baru.
Ø Buat Blog Bisnis.
Dengan tanpa atau sedikit biaya, Anda bisa membuat blog di situs bisnis
Anda. Inilah salah satu strategi marketing paling hemat biaya yang bisa
Anda terapkan. Sebuah blog yang termutakhirkan secara berkala merupakan
tempat yang tepat untuk menuangkan pandangan menarik dan berguna pada
khalayak ramai termasuk klien dan pelanggan atau calon pembeli. Namun,
jangan sampai hanya berhenti di situ saja. Sebuah bisnis blog harus
digunakan sebagai pengeras suara saat promosi. Namun, jangan sampai
melakukannya dengan berlebihan karena akan membuat orang menjadi segan
berkunjung kembali ke blog bisnis Anda. Pastikan Anda menyeimbangkan
kualitas konten yang diterbitkan dengan konten promosi milik Anda.
Ø Tunjukkan Kepedulian Sosial.
Memberikan kembali apa yang sudah Anda dapatkan dari masyarakat dalam
bentuk sumbangsih sosial merupakan cara yang tepat sekaligus mulia untuk
memasarkan produk dan layanan bisnis baru Anda. Tak hanya Anda akan
lebih bertanggung jawab secara sosial pada masyarakat dan lingkungan
sekitar Anda, ini jiga akan memeriksa peluang baru untuk menjalin
hubungan dengan kenalan baru, meningkatkan kesadaran publik akan
keberadaan usaha Anda dan memperluas pengalaman secara umum dalam
mengembangkan ketrampilan baru.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar